Friday, December 21, 2012

Asertif

Rasanya saya jarang mendengar atau membaca penggunaan kata ini.
Apa memang saya yang kurang gaul ya? Hehe..
Hmm, jadi gini, saya baru tau tentang asertif dan ingin berbagi tentang asertif..^^

Ini teori tentang asertif yang saya kutip dari sebuah blog, yuk coba di baca..^^
Asertivitas adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. 
Dalam bersikap asertif, seseorang dituntut untuk jujur terhadap dirinya dan jujur pula dalam mengekspresikan perasaan, pendapat dan kebutuhan secara proporsional, tanpa ada maksud untuk memanipulasi, memanfaatkan ataupun merugikan pihak lainnya (Pratanti, 2007).

Menurut Pratanti (2007) Seorang yang asertif memiliki kriteria:
1. Merasa bebas untuk mengekspresikan perasaan, pikiran dan keinginan.
2. Mengetahui hak mereka.
3. Mampu mengontrol kemarahan. Tidak berarti me-repress perasaan ini, akan tetapi mengontrol dan membicarakannya kembali dengan logis dan tidak dilandasi emosi semata.
Menurut Sukaji (1983) dalam Fitri (2009) perilaku asertif adalah perilaku seseorang dalam hubungan antar pribadi yang menyangkut ekspresi emosi yang tepat, jujur, relatif terus terang, dan tanpa perasaan cemas terhadap orang lain. Perilaku asertif merupakan perilaku sesorang dalam mempertahankan hak pribadi serta mampu mengekspresikan pikiran, perasaan, dan keyakinan secara langsung dan jujur dengan cara yang tepat.



Dari kutipan tersebut, bisa disimpulkan, maksudnya asertif itu, jujur apa adanya, mengatakan yang sebenarnya walaupun itu pahit dan mungkin akan menimbulkan konflik, namun dengan emosi yang tetap terkontrol.

Seseorang itu idealnya memiliki perilaku asertif. Mengungkapkan yang sebenarnya namun dengan emosi yang terkontrol. Tidak melulu mengalah, tidak melulu berkata "ya", tidak berdiam diri atas suatu hal yang mengganjal dihatinya, tidak takut akan risiko konflik yang mungkin akan terjadi. 

Belajar dari pengalaman yang lalu, saya hampir sering berperilaku kurang asertif, akibatnya timbul rasa terbebani dan dirugikan..astaghfirullah..
Kemudian, saya memulai untuk mengubah diri saya untuk menjadi seseorang yang asertif dan..rasanya begitu melegakan hati..serasa ada di taman yang hawanya sejuk..alhamdulillah..~

Keberanian diri saya untuk berubah menjadi seseorang yang asertif ini salah satunya bersumber dari seseorang yang tercinta dan spesial dalam hidup saya yaitu...my mother.. <3
Love you my mother..
Thanks for your support..
Because of you, my life has change.. :')

Sumber gambar : link

No comments:

Post a Comment